Implementasi Kebijakan MBS di SD

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

DI SEKOLAH DASAR NEGERI I WONOGIRI

ABSTRAK

Rusiati, NIM: Q100040027. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 WONOGIRI. Tesis Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2006.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan implementasi kebijakan MBS di Sekolah Dasar Negeri I Wonogiri dapat mendorong peningkatan prestasi belajar murid.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode postpositivistik, yaitu pencarian makna di balik data. Topik riset diarahkan pada kondisi aslinya di mana subyek penelitian berada. Kondisi subyek sama sekali tidak disentuh oleh perlakuan (treatment) yang dikendalikan oleh peneliti seperti halnya penelitian eksperimental. Peneliti melibatkan diri dan menghabiskan waktunya secara mendalam dalam mengumpulkan data secara langsung. Penelitian ini tertarik pada perilaku manusia sehari-hari dalam keadaan rutin secara apa adanya. Tehnik pengambilan sampel yang dilakukan adalah snow ball sampling dengan jumlah sampel sebanyak 4 orang informan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini untuk dapat memperoleh suatu pemahaman yang mendalam terhadap obyek penelitian yang diamati, maka pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1). Pengamatan, (2). Pengamatan terlibat, (3). Wawancara dengan pedoman, dan (4). Kajian dokumen. Teknik analisis data lebih difokuskan selama proses di lapangan bersamaan dengan pengumpulan data.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi MBS di Sekolah Dasar Negeri I Wonogiri telah berjalan dengan baik khususnya tercapainya Misi dan Visi Sekolah. Keterbukaan manajemen SD Negeri 1 menyangkut program dan dana sudah cukup baik. Kinerja sekolah menunjukkan keberhasilan setelah diberlakukannya program MBS dengan meningkatnya prestasi siswa baik prestasi akademik maupun kegiatan mengikuti lomba-lomba non akademik, dan (2).Terdapat peningkatan kepercayaan masyarakat kepada sekolah, yang dapat dilihat dari peningkatan jumlah pendaftar dan peningkatan partisipasi masyarakat terhadap program-program sekolah. Terbukti dengan ditambahnya ruang/kelas sebanyak 5 kelas dan tercapainya program-program yang diagendakan dalam program jangka menengah SDN 1 Wonogiri.

________________________________________________________________

Kata kunci:  Program MBS –  Implementasi Kebijakan – Peningkatan Prestasi   Siswa.

*)  Untuk naskah Full Text (silahkan download di sini) .doc

*) Presentasi   (silahkan download di sini). ppt

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: