SKRIPSI_FKIP

KARAKTERISTIK PENGLAJU TENAGA KERJA PABRIK BATIK

DALAM KAITANNYA DENGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN

DI KECAMATAN PASAR KLIWON KOTA SURAKARTA

TAHUN 2002

ABSTRAK

M. Aris Widodo. Karakteristik Penglaju Tenaga Kerja Pabrik Batik Dalam Kaitannya Dengan Distribusi Pendapatan Di Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta Tahun 2002. Skripsi,  Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,  Universitas Sebelas Maret Surakarta, Pebruari 2005

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1). Karakteristik  penglaju pekerja pabrik batik di Kecamatan Pasar Kliwon tahun 2002. (2). Pengaruh tingkat pendidikan, klasifikasi kerja, dan masa kerja terhadap distribusi pendapatan penglaju pekerja pabrik batik di Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta tahun 2002.

Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini  termasuk jenis penelitian  deskriptif. Populasi penelitian adalah para penglaju pekerja pabrik batik di kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Tehnik pengambilan sampel yang dilakukan adalah purposive sampling sebanyak 58 orang penglaju pekerja pabrik batik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuallitatif.

Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Adanya pabrik batik di kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta mendorong orang-orang dari desa yang ada disekitarnya melakukan migrasi ulang alik dari tempat tinggal ke tempat bekerja. (2) Distribusi  pendapatan para penglaju pekerja pabrik batik di pengaruhi oleh lamanya bekerja atau masa bekerja penglaju pekerja pabrik batik.

%d blogger menyukai ini: