Skripsi FKIP

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS II CAWU II SLTP NEGERI 2 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2001/2002

ABSTRAK

Mulyatmi. PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS II CAWU II SLTP NEGERI 2 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2001/2002. Skripsi,  Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,  Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2002

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: (1) Lingkungan belajar terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas II cawu II SLTP Negeri 2 Wonogiri tahun pelajaran 2001/2002. (2) Aktivitas belajar terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas II cawu II SLTP Negeri 2 Wonogiri tahun pelajaran 2001/2002. (3) Interaksi antara lingkungan belajar dan aktivitas belajar terhadap  prestasi belajar biologi siswa kelas II cawu II SLTP Negeri 2 Wonogiri tahun pelajaran 2001/2002. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini termasuk jenis penelitian Ex Post Facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas II SLTP Negeri 2 Wonogiri tahun pelajaran 2001/2002. Tehnik pengambilan sampel yang dilakukan adalah tehnik cluster random sampling sebanyak 42 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama.

Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ada perbedaan prestasi belajar biologi siswa ditinjau dari tingkat lingkungan belajar (FA > Ft = 39,37 > 3,29 pada taraf signifikasi sebesar 5%). (2) Ada perbedaan prestasi belajar biologi siswa ditinjau dari tingkat aktivitas belajar siswa (FB > Ft = 49,84 > 3,29 pada taraf signifikasi sebesar 5%), dan, (3) Ada perbedaan prestasi belajar biologi siswa ditinjau dari interaksi tingkat lingkungan belajar dan tingkat aktivitas belajar (FAB > Ft = 5,00 > 2,66 pada taraf signifikasi sebesar 5%).

%d blogger menyukai ini: