PTK_Bahasa Indonesia

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ASISTENSI (ASSISTED LEARNING)

(Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah

Pertama 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar)

Oleh: DEVINA ARIA SARI (2009)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah Assisted learning mempunyai peran yang sangat penting bagi perkembangan kognitif individu. Perkembangan kognitif terjadi melalui interaksi dan percakapan seorang anak dengan lingkungan sekitarnya, baik dengan teman sebaya, orang dewasa atau orang lain dalam lingkungannya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar membaca mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Pelajaran 2007/2008 melalui model pembelajaran asistensi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peneliti sendiri, guru bahasa Indonesia yaitu Ibu Rominah dan siswa kelas  VII E SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar.

Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran dengan metode pembelajaran asistensi mampu meningkatkan motivasi anak untuk gemar membaca sebesar 46,6% dan 1,5% atau rata-rata meningkat 24 %. Dengan melihat antusiasme anak dalam membaca menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran asistensi mampu meningkatkan motivasi anak untuk gemar membaca dengan peningkatan 24% perbulan. Peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus awal terhadap siklus akhir menunjukkan peningkatan sebesar 10% dan 8% atau rata-rata 9%.

Kesimpulan yang diperoleh dalam peneltian ini adalah sebagai berikut: (1) Penerapan metode assistensi meningkatkan minat terhadap pelajaran membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2007/2008 sebesar 24% dan (2) Prestasi belajar membaca siswa  dengan pemberian metode asistensi pada siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun pelajaran 2007/2008 meningkat sebesar 9%.

____________________________________________________________________

Kata Kunci: Model pembelajaran, asistensi, prestasi siswa meningkat

%d blogger menyukai ini: