Skripsi FKIP

PERANAN   LAYANAN    INFORMASI    BIDANG   KARIR  SENI  DAERAH  DALAM   MENINGKATKAN   PRESTASI   BELAJAR   SENI   DAERAH SISWA KELAS II  SEKOLAH MENENGAH  PERTAMA  NEGERI 25 SURAKARTA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2004/2005

ABSTRAK

Sri Handayani Budi Astuti. Peranan Layanan Informasi Bidang Karir  Seni Daerah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Daerah Siswa Kelas II Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Surakarta Semester I Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi,  Sukoharjo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,  Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Pebruari 2005

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh antara layanan informasi bidang karir seni daerah terhadap peningkatan prestasi belajar seni daerah siswa kelas II SMP Negeri 25 Surakarta Tahun Pelajaran 2004/2005. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas II SMP Negeri 25 Surakarta  tahun pelajaran 2004/2005 yang berjumlah 217 siswa dan terdiri dari 6 kelas. Tehnik pengambilan sampel yang dilakukan adalah tehnik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas II A sebanyak 39 siswa sebagai kelompok eksperimen   dan kelas II B sebanyak 39 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini tes (pre-tes dan pos-tes). Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Beda Mean (Uji-t).

Hasil penelitian menunjukkan: Ada pengaruh pemberian layanan informasi bidang karir seni daerah terhadap prestasi belajar seni daerah siswa kelas II SMP Negeri 25 Surakarta tahun pelajaran 2004/2005. Hal ini ditunjukkan dengan hasil dari thitung (2,05)  > t tabel (ttabel antara  1,67 dan 1,66).  Selain  rata-rata peningkatan prestasi belajar kelompok eksperimen lebih besar ( 0,908) dibandingkan rata-rata peningkatan prestasi belajar kelompok kontrol (0, 682).

Penelitian ini menyimpulkan bahwa  pemberian layanan informasi bidang karir seni daerah lebih efektif dalam memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar seni daerah sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Sehubungan dengan hasil penelitian ini disarankan agar guru bidang studi seni daerah secara efektif dapat  mendorong siswanya memperluas pengetahuan dan wawasan untuk pengembangan seni daerah  dalam hal ini seni tari di kota Surakarta.

%d blogger menyukai ini: