Flu Babi

Mengenal Flu Babi

Sumber: WHO dan CDC

Flu Babi yang akhir-akhir ini sedang merebak di Meksiko sekarang telah menyerang individu di Kanada, Amerika Serikat, dan di banyak negara di seluruh dunia. World Health Organization (WHO) telah meningkatkan tingkat aktivitas ke Tahap 4, yang didorong oleh kasus nyata penularan dari satu orang ke orang lain. Ini merupakan tingkatan tertinggi semenjak WHO memperkenalkan sistem peringatan pada tahun 1999, yang berarti satu tingkatan sebelum masuk tahap pandemik.

Per tanggal 27 April 2009, para pengunjung dari Kanada telah disarankan untuk menunda perjalanan yang bersifat pilihan atau tidak penting ke Meksiko hingga pemberitahuan lebih lanjut. David Butler-Jones, kepala instansi kesehatan masyarakat Kanada, menyebutkan bahwa fakta dimana hanya kasus-kasus ringan yang telah dikonfirmasikan tidak berarti keadaan aman. “Hanya karena kita sedang menghadapi kasus-kasus ringan, tidak ada orang yang boleh menganggap enteng masalah ini. Oleh karena itu kami memberikan perhatian yang sangat besar” katanya. ”Sekarang terlalu cepat untuk mengatakan apa yang akan terjadi selanjutnya,” demikian dikatakan Butler Jones. “Bukan berarti kita tidak akan melihat tingkat kesakitan yang lebih parah atau kemungkinan terjadinya kematian.” Badan Kesehatan Masyarakat Kanada (PHAC) sedang bekerja sama dengan pemerintah Meksiko dan Amerika Serikat untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap situasi ini.

Untuk melindungi diri kita, Butler-Jones memberi saran untuk mencuci tangan secara sering dan menyeluruh, dengan menggunakan pembersih tangan atau sabun, batuk atau bersin di lengan atau lengan baju dan bukan di telapak tangan, tetap tinggal di rumah apabila terserang gejala seperti flu dan mendapatkan vaksin flu, yang menurut Butler-Jones mungkin memberikan perlindungan yang terbatas. Berdasarkan peringatan-peringatan terakhir yang dikeluarkan oleh WHO dan CDC (Pusat Pengawasan Wabah Penyakit), lembar informasi pokok berikut ini telah disiapkan sebagai referensi untuk anda terkait dengan Flu Babi:

Apakah Flu Babi itu?

Flu Babi adalah penyakit saluran pernafasan hewan babi yang disebabkan virus flu jenis A yang menyebabkan berjangkitnya penyakit pada hewan babi. Flu babi biasanya tidak menjangkiti manusia, namun infeksi terhadap manusia dapat dan sering terjadi. Virus flu babi telah dilaporkan dapat menyebar dari orang ke orang, namun pada masa lampau, perpindahan ini terbatas dan tidak mencakup lebih dari tiga orang.

Apa saja tanda-tanda atau gejala flu babi pada manusia?

Gejala terjadinya flu babi pada manusia sama dengan gejala flu manusia yang biasa, yang termasuk demam, batuk, tenggorokan kering, badan ngilu, sakit kepala, meriang dan kelelahan. Beberapa orang telah melaporkan diare dan muntah-muntah sehubungan dengan flu babi. Pada waktu yang lalu, penyakit yang lebih parah (seperti pneumonia dan kegagalan saluran pernafasan) serta kematian telah dikaitkan dengan infeksi flu babi pada manusia. Seperti penyakit flu musiman, flu babi dapat menyebabkan makin memburuknya kondisi kesehatan medis yang kronis.

Dapatkan saya terjangkit flu babi dengan mengkonsumsi daging babi?

David Butler-Jones, kepala instansi kesehatan masyarakat Kanada mengatakan “Untuk jelasnya, sampai saat ini belum ada bukti bahwa flu babi pada manusia dapat ditularkan melalui produk makanan”, katanya, meskipun Badan Pemeriksaan Makanan Kanada (Canadian Food Inspection Agency) sedang bekerja dengan instansi-instansi kesehatan untuk “memastikan bahwa kita tidak melewatkan apapun.” Proses masak yang tepat untuk produk-produk daging babi akan membunuh berbagai virus. Pastikan daging babi dimasak, tidak merah muda atau setengah matang di bagian dalamnya. Gunakan termometer makanan untuk memastikan bahwa daging babi telah dipanaskan sampai suhu 71 derajat Celcius (160 derajat Fahrenheit).

Bagaimana flu babi dapat menyebar?

Virus flu dapat secara langsung ditularkan dari babi ke manusia dan dari manusia ke babi. Infeksi virus flu dari babi ke manusia paling mungkin terjadi ketika manusia berada dalam jarak dekat dengan hewan babi yang terinfeksi, seperti babi yang dikandangkan, pameran ternak, dan pameran babi peliharaan. Perpindahan flu babi antar manusia juga dapat terjadi. Hal ini diduga terjadi dalam cara yang sama seperti flu musiman yang terjadi pada manusia, dimana terutama berupa perpindahan antar manusia melalui batuk atau bersin oleh orang yang terinfeksi virus flu. Manusia dapat saja terinfeksi ketika bersentuhan dengan sesuatu yang mengandung virus flu dan kemudian mereka menyentuh mulut ataupun hidung.

Berapa lama seseorang yang mengidap flu babi dapat menularkan kepada orang lain?

Orang yang terinfeksi dapat menginfeksi orang lain semenjak satu hari sebelum gejala terjadi hingga 7 hari atau lebih setelah jatuh sakit. Artinya anda dapat menularkan flu ini kepada orang lain sebelum anda menyadari bahwa anda sakit, dan selama anda sakit.

Apa yang harus saya lakukan agar terhindar dari flu?

Hal pertama dan paling penting: cuci tangan anda. Cobalah untuk tetap pada kondisi kesehatan prima. Tidurlah yang cukup, tetap aktif secara fisik, kelola stres anda, minum cairan yang banyak, serta mengkonsumsi makanan bergizi. Cobalah untuk tidak menyentuh permukaan-permukaan yang mungkin saja terkontaminasi dengan virus flu. Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit

Apa yang harus saya lakukan apabila saya jatuh sakit?

Apabila anda tinggal di daerah dimana kasus-kasus flu babi telah diidentifikasi dan anda jatuh sakit dengan gejala flu, termasuk demam, badan ngilu, pilek, tenggorokan kering, mual, atau muntah atau diare, anda disarankan menghubungi penyedia layanan kesehatan (dokter), khususnya apabila anda khawatir dengan gejala-gejala yang anda alami. Dokter anda akan menentukan apakah uji flu atau perawatan diperlukan. Apabila anda sakit, anda sebaiknya tetap tinggal di rumah dan menghindari kontak dengan orang lain sebisa mungkin agar tidak menyebarkan penyakit anda kepada orang lain.

Saya baru kembali dari Meksiko (atau telah bersinggungan dengan seseorang yang baru mengunjungi Meksiko) dan saya duga saya menderita gejala flu babi.

Apabila anda jatuh sakit dan mengalami berbagai gejala peringatan berikut ini, segera perawatan medis darurat.

Pada anak-anak, gejala peringatan darurat yang membutuhkan perhatian medis sesegera mungkin termasuk:

–  Pernafasan cepat atau kesulitan bernafas

–  Warna kulit membiru

–  Tidak minum cairan secara memadai

–  Tidak bangun atau tidak berinteraksi

–  Menjadi lekas marah dan bahkan tidak mau digendong

–  Gejala sejenis flu membaik dan kemudian kambuh lagi berupa demam dan batuk yang lebih parah

–  Demam disertai gatal-gatal.

Pada orang dewasa, gejala peringatan darurat yang membutuhkan perhatian medis sesegera mungkin termasuk:

-Kesulitan bernafas atau nafas yang pendek-pendek/sesak

-Rasa sakit atau tekanan pada dada atau daerah perut

-Mendadak pusing

-Kebingungan

-Muntah yang parah atau terus menerus

Segera hubungi dokter anda. Jangan pergi ke kantor dokter anda, atau ke klinik atau ke unit gawat darurat rumah sakit tanpa menelpon terlebih dahulu dan memberitahukan mereka agar mereka dapat mengambil tindakan pencegahan untuk memisahkan anda dari pasien lainnya.

Seserius apakah infeksi flu babi?

Seperti flu musiman, flu babi pada manusia dapat berbeda tingkat keparahannya dari ringan hingga parah. Berbagai laporan mengindikasikan seorang anak kecil di Texas telah meninggal akibat penyakit ini. Bayi Meksiko ini telah berangkat ke Amerika Serikat untuk perawatan kesehatan, kematian pertama yang terjadi semenjak penyakit ini mulai dimonitor di A.S. sejak tahun 2005. Per tanggal 29 April, telah dilaporkan 13 kasus flu babi di Kanada, 4 di antaranya berada di Ontario, 4 di Nova Scotia, 3 di British Columbia, dan 2 di Alberta. Dan juga per tanggal 26 April, Pemerintah Meksiko telah melaporkan 149 kasus kematian yang diduga akibat flu babi A/H1N1 dan 1995 kasus yang diduga flu babi.

Penyelidikan terus berlanjut untuk mengklarifikasi penyebaran dan tingkat keparahan penyakit ini di Mexico. Kasus-kasus klinis yang diduga flu babi telah dilaporkan di 19 dari 32 negara bagian Mexico. Penyelidikan sedang berlangsung untuk menentukan sumber infeksi dan apakah terjadi penambahan orang yang terinfeksi oleh virus flu babi. CDC sedang bekerja keras dengan instansi kesehatan di negara bagian dimana kasus flu babi A (H1N1) pada manusia telah diidentifikasi, bersama-sama dengan instansi-instansi kesehatan di Meksiko, Kanada dan WHO. CDC telah mengaktifkan Pusat Operasi Darurat untuk mengkoordinasikan penyelidikan ini.

%d blogger menyukai ini: