Baterai Laptop Tahan Hingga 3 Tahun?

baterai

Pada umumnya, baterai laptop hanya mampu bertahan selama beberapa jam. Namun, kini ada sebuah baterai laptop yang mampu bertahan hingga tiga tahun. Pun, hanya membutuhkan waktu singkat untuk mengisi ulang.

Adalah Boston Power yang mengembangkan baterai super bernama Sonata ini. Baterai ini akan diberi merek baru oleh Hewlett Packard (HP) – yang menjadi rekanan Boston Power – yakni Enviro.

Dilansir PCWorld dan dikutip Kamis (11/12/2008), baterai ini dapat diisi ulang hingga kapasitas 80 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Keistimewaan lain yang ditawarkan, baterai ini diklaim tahan diisi ulang hingga 1.000 kali, sementara umumnya baterai laptop hanya tahan diisi ulang 300 kali. Cukup diisi ulang sekali, baterai ini diklaim tokcer hingga tiga tahun, bahkan bisa mencapai empat tahun jika hanya digunakan pada hari kerja.

HP akan memberi garansi tiga tahun untuk baterai tersebut. Dengan keistimewaan yang ditawarkan, baterai tersebut akan lebih mahal sekitar US$20-US$30 dari harga baterai standar, dan akan mulai ditawarkan awal 2009.

Untuk sementara baterai ini baru akan tersedia di Amerika Utara, tapi HP berencana memperluas penjualan baterai tersebut ke pasar yang lain. Sebagian besar baterai ini akan diproduksi oleh GP Batteries Taiwan dan sebagian lagi oleh HYB Batteries di China.

(Sumber: klik sini: kilasberita.com/dms/dtc).


Analisis Berita

Berita tersebut perlu di analisis dengan baik.

1. Pertanyaannya apakah ada baterai yang tahan hingga 3 tahun?

  • Lalu apa maksudnya bertahan tiga tahun? Begini. Menurut Boston, batere laptop masa kini mampu bertahan sekitar 300x siklus pengisian ulang daya. Jadi jika setiap hari Anda mengisi ulang (charge) satu kali, berarti batere tersebut akan berkekuatan penuh selama setahun. Setelah masa itu, batere akan mengalami degradasi kapasitas, alias tidak utuh (100%) lagi kapasitasnya. (Sumber: Scripintermedia.com)

2. Bandingkan dengan berita berikut yang saya rasa masuk akal:

  • Baterai Enviro dapat di-chass hanya mencapai 80% dari kapasitas penuhnya selama 30 menit dan ini sangat berguna bagi mereka yang sering bepergian yang hanya memiliki sedikit waktu untuk men-chass baterai laptopnya. Pihak HP mengatakan bahwa baterai Enviro akan mengalami penurunan setelah 1,000 kali di-chass atau sama dengan tiga tahun di-chass dengan asumsi setiap hari di-chass. Kalau laptop itu hanya digunakan pada hari kerja maka bisa bertahan sampai empat tahun dan empat tahun adalah waktu yang cukup lama bagi ukuran laptop bisnis karena laptop yang ada sekarang umumnya hanya mampu bertahan sampai 300 kali di-chass (Sumber: Roemasa, 2008)

3. Rekor ketahanan baterai yang diklaim paling lama:

  • BERITA – internet-web.infogue.com – Produsen komputer Dell memastikan baterai yang terpasang pada laptop terbarunya diklaim kuat bertahan hingga 19 jam nonstop.
  • Secara teori baterai lithium ion (Li-ion) dapat memasok energi hingga 40 jam (Sumber: witriwahyu.multiply.com)

Satu Tanggapan

  1. nice info gan…
    visit my blog
    http://jerzz.wordpress.com/
    jangan lupa komentarnya yh…
    makasih sebelumnya…

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: