RPL Tugas

RANCANGAN PERANGKAT LUNAK

Apakah perangkat lunak itu? Apa bedanya dengan sistem?

a. Perngkat lunak adalah Instruksi atau program komputer yang ketika dieksekusi akan memberi fungsi dan hasil yang diinginkan atau struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi atau dokumen yang menggambarkan operasi dan penggunaan program.

b. Sistem Software adalah sekumpulan program yang ditulis untuk melayani atau menunjang program lainnya. Beberapa sistem software seperti compiler, editor, komponen-komponen sistem operasi, driver dan prosesor telekomunikasi.

Apakah rekayasa perangkat lunak (RPL) itu?

Rekayasa perangkat lunak adalah disiplin ilmu yang menerapkan prinsip-prinsip engineering agar mendapatkan software yang ekonomis yang dapat dipercaya dan bekerja lebih efisien pada mesin yang se­benarnya.

Apakah perbedaan RPL dengan rekayasa sistem?

RPL berfungsi untuk mendapatkan software yang ekonomis yang dapat dipercaya dan bekerja lebih efisien pada mesin yang se­benarnya. Sedangkan rekayasa sistem untuk memperoleh beberapa metode, prosedur atau pengontrolan dengan cara mengelola informasi.

Sebutkan studi kelayakan dalam pengembangan sistem berbasis komputer?

Semua proyek layak bila sumber dan waktunya tidak terbatas. Kenyataannya, pengembangan sistem berbasis komputer dibatasi oleh sumber dan waktu.

Ada 4 bidang utama yang menjadi konsentrasi dari feasibility studi, yaitu 1.

Economic Feasibility :

Evaluasi biaya (cost) dan manfaat (benefit) dalam pengembangan sistem.

Tehcnical feasibilitu :

Studi tentang fungsi, performance, dan hambatan yang  berpengaruh terhadap kemampuan mendapatkan sistem yang baik.

Legal Feasibility :

Penentuan berbagai pelanggaran, kewajiban yang dapat terjadi dari pengembangan sistem.

Alternative :

Evaluasi sebagai alternatif untuk mengembangkan sistem

Apa yang dimaksud dengan prototipe software?

Prototipe software adalah proses produksi dalam perekayasaan perangkat lunak, bertujuan untuk membantu mengevaluasi apakah desain telah memenuhi spesifikasi fungsional maupun non fungsional

Sebutkan tujuan dilakukan analisis cost dan benefit?

Tujuan dilakukan analisis cost dan benefit adalah untuk menggambarkan biaya pengembangan proyek dan mempertimbangkan keuntungan sistem, baik yang tangible maupun intangible (dapat diukur dan tidak dapat diukur).

Jelaskan fase atau tahapan pengembangan perangkat lunak?

Fase  pengembangan terdiri dari 3 tahapan:

  1. Design
  2. Code Generation (manual or otomatic)
  3. Testing

apa yang dimaksud dengan manajemen risiko?

Manajemen resiko adalah pengaturan resiko berhubungan dengan kejadian di masa yg akan datang yang melibatkan perubahan (spt. perubahan pikiran, pendapat, aksi, atau tempat) dan melibatkan pilihan & ketidakpastian bahwa pilihan itu akan dilakukan.

Sebut dan jelaskan strategi resiko-resiko perangkat lunak dan kategori resiko?

a. Macam macam strategi resiko:

1). Strategi reaktif memonitor proyek terhadap kemungkinan risiko. Sumber2 daya dikesampingkan, padahal seharusnya sumber2 daya menjadi masalah yang sebenarnya / penting.

2).  Strategi proaktif dimulai sebelum kerja teknis diawali.  Risiko potensial diidentifikasi, probabilitas & pengaruh proyek diperkirakan, dan diprioritaskan menurut kepentingan, kemudian membangun suatu rencana untuk manajemen risiko.  Sasaran utama adalah menghindari risiko.

b. Kategori resiko

1).  Risiko proyek

2).  Risiko teknis

3).  Risiko bisnis

Sebut dan jelaskan indentifikasi resiko dan tipe risiko?

Indentifikasi resiko

1. PROJECT COMPLEXITY : Sangat besar pengaruhnya terhadap ketidaktentuan yang ada pada tahap perencanaan Perangkat lunak.

2.    PROJECT SIZE : Faktor penting yang dapat mempengaruhi kecermatan dan kemajuan / ketepatan dari estimasi yang dilakukan.

3.   DEGREE OF PROJECT : Juga berpengaruh terhadap resiko estimasi, yaitu terhadap struktur, definisi, dan variabel.

Apa yang dimaksud dengan kegagalan internal dan kegagalan eksternal?

kegagalan internal yang diadakan bila kita mendeteksi suatu kesalahan dalam produk sebelum produk dipasarkan. kegagalan internal meliputi:

•   Pengerjaan kembali

•   Perbaikan

•   Analisis mode kegagalan

kegagalan eksternal berhubungan dengan cacat yang ditemukan setelah produk disampaikan kepada pelanggan. kegagalan eksternal meliputi:

•   Resolusi keluhan

•   Penggantian dan pengembalian produk

•   Dukungan help line

•   Kerja jaminan

Jelaskan SQA?

Software Quality Assurance [SQA] adalah Jaminan kualitas perangkat lunak  adalah aktivitas pelindung yang diaplikasikan pada seluruh proses perangkat lunak

Keamanan perangkat lunak dan analisis risiko adalah aktivitas jaminan kualitas perangkat lunak yang berfokus pada identifikasi dan penilaian risiko potensial yang mungkin berpengaruh negatif terhadap perangkat lunak dan menyebabkan seluruh sistem menjadi gagal. Jika risiko dapat diidentifikasi pada awal proses rekayasa perangkat lunak, maka ciri-ciri desain perangkat lunak dapat ditetapkan sehingga akan mengeliminasi atau mengontrol risiko potensial

Apa yang dimaksud dengan dokumen perangkat lunak?

Bagian Dokumentasi menggambarkan (dengan refernsi) masing-masing produk kerja yang dihasilkan sebagai bagian dari proses perangkat lunak; mencakup hal-hal berikut :

•   Dokumen proyek (misalnya, rencana proyek)

•   Model (misalnya, hirarki kelas ERD)

•   Dokumen teknis (misalnya, spesifikasi, rencana pengujian)

•   Dokumen pemakai (misalnya file-file help)

Beri contoh metode/teknik pengembangan perangkat lunak

Metode software engineering memberikan tehnik-tehnik bagaimana membentuk software. Metode ini terdiri dari serangkaian tugas :

  • Perencanaan & estimasi proyek
  • Analisis kebutuhan sistem dan software
  • Desain struktur data
  • Arsitektur program dan prosedur algoritma
  • Coding
  • Testing dan pemeliharaan

  1. Apa tujuan menyusun flowchart dan desain terinci RPL?

Tujuan menyusun flowchart adalah untuk mengetahui organisasi hirarki yang menggambarkan relasi logikal dalam sejumlah elemen dan struktur data.

%d blogger menyukai ini: