Bea siswa kuliah di Jepang

Rian Kun
Rian Kun6:09pm Jun 1st
Subject: Info Beasiswa
Ini info sambungan, spya lebih jelas bisa di tanyakan kpda HAOI Indonesia atau buka web di bawah ini

Salam OISCA,

Kepada kawan-kawan semua, berikut ada informasi beasiswa di Jepang,

BEASISWA PEMERINTAH JEPANG (MONBUKAGAKUSHO/MEXT) TAHUN 2012 UNTUK LULUSAN SLTA DAN SEDERAJAT
Tersedia 3 program sbb: (setiap peserta hanya bisa mendaftar 1 program saja)

1. Undergraduate (S-1) : Masa studi 5 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang (kecuali jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan sebagian farmasi lama masa studi adalah 7 tahun)

– Syarat: lulusan SLTA; nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir masing-masing minimal 8,4; lahir antara tgl. 2 April 1990 dan tgl. 1 April 1995

– Materi ujian tertulis:
IPS: Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan Matematika
IPA-a: Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Fisika
IPA-b,c: Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Biologi

– Pilihan jurusan:
IPS: Laws, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese language, Economics, Business Administration, and others.

IPA-a: Science (Mathematics, Physics, Chemistry); Electric and Electronic Studies (Electronics, Electrical Engineering, Information Engineering); Mechanical Studies (Mechanical Engineering, Naval Architecture);
Civil Engineering and Architecture (Civil Engineering, Architecture, Environmental Engineering); Chemical Studies (Applied Chemistry, Chemical Engineering, Industrial Chemistry, Textile Engineering); and other fields (Metallurgical Engineering, Mining Engineering, Maritime Engineering, Biotechnology)

IPA-b: Agricultural Studies (Agriculture, Agricultural Chemistry, Agricultural Engineering, Animal Science, Veterinary Medicine, Forestry, Food Science, Fisheries); Hygienic Studies (Pharmacy, Hygienics, Nursing); Science (Biology)

IPA-c: Medicine; Dentistry

2. College of Technology (D-3): Masa studi 4 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. College of Technology memiliki program 5 tahun yang dirancang bagi lulusan SLTP. Siswa penerima Beasiswa Monbukagakusho (lulusan SLTA) akan masuk College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga. Studi teknik sebagian besar terdiri dari
eksperimen / percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan dari sekolah ini diharapkan menjadi ahli teknik (engineer).

– Syarat: lulusan SLTA; nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir masing-masing minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1990 dan tgl. 1 April 1995

– Materi ujian tertulis: Matematika dan Kimia/Fisika (tergantung kategori jurusan seperti tertulis di bawah)

– Pilihan jurusan:
Kimia: Jurusan yang terkait pada bidang kimia seperti “Materials Engineering” dll.
Fisika: Jurusan lain seperti “Mechanical Engineering”, “Electrical and Electronic Engineering”,
“Information, Communication, and Network Engineering”, “Architecture and Civil Engineering”,
“Maritime Engineering” dll.

3. Professional Training College (D-2) : Masa studi 3 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. Professional Training College terpisah dari sistem pendidikan Jepang yang biasa. Sekolah ini menawarkan pelatihan praktis kejuruan.

– Syarat: lulusan SLTA; nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir masingmasing minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1990 dan tgl. 1 April 1995
– Materi ujian tertulis: Bahasa Inggris dan Matematika
– Pilihan jurusan: Architecture; Civil Engineering; Electrical Engineering; Electronics; Telecommunication; Nutrition; Infant Education; Secretarial Studies; Hotel Management; Tourism; Fashion and Dress making; Design; Photography; dll

Catatan:
1. Semua soal ujian dalam bahasa Inggris.
2. Lulusan dari S-1 bisa meneruskan ke S-2, dan lulusan D-3 dan D-2 bisa meneruskan ke S-1 sebagai siswa tahun ketiga. Namun untuk melanjutkan beasiswa, tergantung pada prestasi dan hasil seleksi. Para siswa tentunya harus mengikuti ujian masuk dan masa perpanjangan
beasiswa maksimal 2 tahun.

FASILITAS
1. Bebas biaya ujian masuk, biaya kuliah dan uang pendaftaran
2. Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang
3. Tunjangan ¥123.000/bulan (Besar tunjangan tahun 2011). Untuk tahun 2012 dan tahun selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan)
4. Tanpa ikatan dinas

Prosedur Pendaftaran
1. Masa pendaftaran: Mulai tanggal 9 Mei s/d 10 Juni 2011
2. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan tersebut di atas yang berhak mengambil formulir yang tersedia di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta atau Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Medan, dan Makassar.
3. Formulir harus diserahkan ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta atau Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Medan, dan Makassar lengkap dengan fotokopi rapor kelas 3 semester terakhir, ijazah, dan nilai ijazah (bisa menggunakan dokumen sementara dari sekolah apabila nilai asli dari Kanwil Depdiknas belum keluar)
4. Formulir harus dikembalikan dalam 3 hari kerja.

(Khusus untuk mereka yang berada di luar JABODETABEK, Surabaya, Medan, dan Makassar)

1. Dapat melamar melalui surat yang ditujukan kepada alamat sbb;
a. Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang Jl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350 Telp. 021 – 319 24308 ps. 175, 176 atau 178
b. Konsulat Jenderal Jepang Surabaya Jl. Sumatera No. 93, Surabaya Telp. 031 – 503 0008
c. Konsulat Jenderal Jepang Medan Wisma BII Lt. 5, Jl. P. Diponegoro No. 18, Medan Telp. 061 – 457 5193
d. Konsulat Jenderal Jepang Makassar Jalan Jenderal Sudirman No. 31, Makassar Telp. 0411-871 030, 872 323, 851 882
2. Lampirkan fotokopi: rapor kelas 3 semester terakhir, ijazah, dan nilai ijazah (bisa menggunakan dokumen sementara dari sekolah apabila nilai asli dari Kanwil Depdiknas belum keluar).
3. Yang harus dicantumkan dalam surat lamaran: nama lengkap, tempat & tanggal lahir, alamat lengkap dan nomor telepon/HP(agar dapat dihubungi jika diperlukan), program yang akan diikuti (S-1, D-3, atau D-2), dan 3 (tiga) bidang studi yang ingin dipelajari.
4. Dengan mengirimkan semua dokumen tersebut, kami anggap sah sebagai pengganti formulir (tidak perlu mengisi formulir pendaftaran).

PROSEDUR SELEKSI
1. Bagi yang lolos praseleksi (seleksi dokumen) akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis (bulan Juli). Praseleksi dilakukan berdasarkan nilai ijazah dan rapor.
2. Mereka yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk wawancara di Jakarta (dalam bahasa Indonesia) (bulan Agustus). Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho
3. Mereka yang lolos seleksi di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Penetapanpenerima beasiswa ditentukan pada bulan Januari 2012.

sumber: Kedutaan Besar Jepang di Indonesia
http://www.facebook.com/l/627e3pDXQH_84qMvxO38LZgbpTg/www.id.emb-japan.go.jp/slta12.PDF

%d blogger menyukai ini: